Pameran Produksi Indonesia ke-6 tahun 2009
Pameran Produksi Indonesia merupakan event tahunan yang rutin diselenggarakan untuk mempromosikan dan meningkatkan penggunaan produk lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, pameran ini juga dirancang untuk meningkatkan kepercayaan serta kebanggaan masyarakat Indonesia terhadap produksi dalam negeri. Menumbuhkan persaingan yang sehat antar produk lokal yang berorientasi ekspor.
Dengan tema ‘Turut Bersama Membangun Industri Dalam Negeri’, Pameran Produksi Indonesia yang diadakan di JI-Expo Hall D, Kemayoran ini diikuti oleh berbagai jenis produk lokal yang dipamerkan. Mulai dari industri manufaktur, industri transportasi, industri agro, industri kayu dan furniture, industri kecil dan menengah, elektronik, dls.
Pameran ini dibuka secara resmi oleh Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani yang mewakili Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam sambutan Presiden yang dibacakannya tersebut, Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk meningkatkan kembali penggunaan produk dalam negeri dalam rangka mempertahankan kestabilan ekonomi Indonesia agar tetap dapat bertahan menghadapi krisis global. Hadir juga dalam acara pembukaan tersebut, Menteri Perindustrian, Bapak Fahmi Idris.
Dalam sambutannya, Bapak Fahmi Idris menyampaikan harapannya agar ajang Pameran Produksi Indonesia yang ke-6 ini dapat kembali dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan daya saing, memperluas jaringan bisnis, meningkatkan kepercayaan serta membangun kebanggaan untuk menggunakan produk dalam negeri.
Booth Edutainment Daihatsu Menarik Minat Pengunjung
PT Astra Daihatsu Motor kembali berpartisipasi dalam pameran kali ini. Dengan mengangkat tema Daihatsu Supply Chain in Indonesia, Daihatsu menampilkan beberapa proses yang menarik dan atraktif, yaitu; Proses teknologi yang berupa demo operasional dari setiap pabrik, People, Parts & Product yang merupakan bagian dari Development, dimana di dalamnya terdapat demo window testing, display part lokal, dan penjelasan tentang People development (baca artikel Daihatsu Turut Membangun Industri Dalam Negeri bag.2). Selain itu juga ditampilkan Corporate image berupa penjelasan singkat mengenai kiprah Daihatsu di Indonesia dan dunia dengan berhasil mengekspor beberapa produknya, baik dalam bentuk terurai maupun utuh ke berbagai negara. Satu tampilan menarik lainnya adalah display 1 unit Daihatsu Luxio yang merupakan produk terbaru dari Daihatsu, yang baru dilaunch 26 Februari lalu.
Dengan ditampilkannya proses tersebut, Daihatsu ingin memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang proses kerja yang dilakukan di PT Astra Daihatsu Motor dalam setiap pembuatan kendaraan dan juga membangkitkan kebanggaan kepada masyarakat karena produk buatan anak negeri telah berhasil menembus pasar mancanegara dengan kualitas yang telah diakui.
Berlokasi di Hall D, Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta di atas lahan seluas 90 m2 tersebut, PT Astra Daihatsu Motor juga memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk langsung mencoba salah satu proses yang biasanya dilakukan di Engine Plant, yaitu proses pemasangan sub assy intake. Selain itu, para pengunjung juga dapat melihat langsung kendaraan Daihatsu Luxio yang telah sukses meraih penghargaan sebagai Rookie of The Year 2009 versi Tabloid Otomotif.
Aku Cinta dan Bangga Produk Indonesia
Pameran yang diikuti oleh lebih dari 640 perusahaan, yang terdiri dari BUMN, swasta, UKM, Koperasi, Asosiasi Industri, Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah serta 132 perusahaan dari dalam dan luar negeri ini juga menyajikan berbagai acara, antara lain ; seminar, talk show, festival, lomba dan gelar penghargaan.
Hari pembukaan Pameran ini juga dicanangkan sebagai hari Gerakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri. Keseluruhan kegiatan dalam Pameran Produksi Indonesia kali ini juga seiring sejalan dengan komitmen PT Astra Daihatsu Motor untuk terus meningkatkan penggunaan bahan lokal dan tenaga lokal dalam segala proses produksi kendaraan Daihatsu. Dengan demikian, diharapkan Daihatsu dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia untuk bangga dengan produk buatan Indonesia.
Mari bersama wujudkan semangat Aku Cinta dan Bangga Produk Indonesia agar produk lokal dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.